Air Terjun Sri Gethuk-yang Tetap Setia Memukau Wisatawan

air-terjun-sri-gethukPengen wisata air? Tapi anggaran tipis? Mau tau tempat wisata air yang murah tapi asyik? Simak nich ulasan kami tentang wisata air yang terdapat di Gunungkidul. Gunungkidul? Mungkin masih ada yang bertanya-tanya di mana itu Gunungkidul? Gunungkidul merupakan nama kabupaten yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunungkidul biasa di sebut juga dengan Jogja Timur atau Jogja Lantai Dua penyebutan ini sudah tak asing lagi untuk warga Gunungkidul sendiri.

Mengenai wisata air yang terdapt di Gunungkidul sangat banyak yang bisa di kunjungi, ada wisata pantai yang sangat tersohor dengan pasir putih yang cuantik. Ada wisata air Cave Tubing Goa Pindul yang terkenal dengan tetesan air batu mutiara yang bisa membuat awet muda dan cantik, ada juga batu perkasa yang di yakini bisa bikin tambah jreng. Namun untuk bahasan kali ini kami akan mengupas tentang Air Terjun Sri Gethuk yang terdapat di Playen, Gunungkidul.

Bagi kamu yang belum tahu kenapa di beri nama Sri Gethuk kamu passti penasaran dan suka menebak-nebak sendiri ya. Begini nih ceritanya, Air Terjun Sri Gethuk mempunyai tiga sumber mata air yang mengaliri air terjun tersebut. Di antaranya aliran dari Kedung Poh, Ngumbul, dan Ngandong. Nama Sri Gethuk tercipta dari sebuah lokasi yang digunakan untuk menyimpak piranti milik Raja Jin penunggu air terjun tersebut, nama lokasi itu adalah Sri Kethuk.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar Playen di wilayah Air Terjun Sri Gethuk terdapat raja jin yang di sebut Onggo Menduro. Namun lebih di kenal dengan julukan Mbah Onggo yang sangat mencintai kesenian. Kecintaan Mbah Onggo terhadap kesenian hingga memiliki piranti Gamelan (alat musik tradisional jawa). Gamelan tersebut di simpan di sebuah lokasi yang bernama Sri Kethuk tadi. Jika gamelan tersebut ingin di gunakan masyarakat desa menggioran harus melakukan ritual terlebih dahulu agar Gamelan tersebut bisa terwujud.

Hehe agak serem ya bacanya? Itu hanya cerita yang beredar di masyarakat sekitar Air Terjun Sri Gethuk. Namun di balik cerita mistis tersebut air terjun memiliki keindahan yang sangat sayang untuk di lewatkan jika kamu berkunjung ke Gunungkidul. Dengan ketinggian mencapai 25 meter lebih membuat keindahan yang sangat nyata untuk memanjakan mata. Membuat siapa saja yang memandang pasti terpesona dengan deruan air yang jatuh dari ketinggian tersebut. Pasti kalau sudah melihat kamu tidak sabar untuk bermain air di bawah air terjun Sri Gethuk.

Eits tapi kamu harus bersabar dulu ya, karna kamu harus di lengkapi dengan jaket pelampung supaya kamu aman. Selain itu untuk menuju ke Air Terjun Sri Gethuk kamu harus menembus aungai oyo dengan prahu yang sudah di sediakan. Kamu tinggal ganti biaya sebesar Rp. 35.000 kamu sudah bebas biaya masuk kawasan, angkutan menuju ke pinggir sungai, naik prahu pulang pergi. Nah terjangkau bukan? Tunggu apa lagi? Yuks liburan ke Gunungkidul.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s